Pola makan yang dapat menyebabkan penyakit batu ginjal

| July 30, 2015 | 0 Comments

makanan asinPenyakit Batu ginjal adalah salah satu jenis penyakit yang cukup banyak diderita oleh masyarakat. Sekitar 1 dari 11 orang diperkirakan bakal menderita batu ginjal dalam hidupnya. Sayangnya, sekali kita memiliki batu ginjal, kemungkinan untuk kambuhnya mencapai 50 persen. Penyakit ini lebih banyak diderita kaum pria, Tetapi pada wanita yang menderita obesitas juga berisiko menderita batu ginjal.

Batu ginjal adalah mineral padat yang menggumpal dan bersarang di saluran kemih. Mayoritas batu ginjal terbentuk dari kalsium, biasanya kombinasi antara kalsium dan oksalat, tetapi ada juga yang terbentuk dari asam urat.

Ada beberapa penyabab seseorang dapat menderita batu ginjal salah satunya adalah dari pola makan. Berikut ini beberapa faktor pola makan yang dapat memicu seseorang menderita batu ginjal, seperti yang dimuat pada KOMPAS.COM.

  • Kekurangan kalsium

Walau kebanyakan batu ginjal terbentuk dari kalsium, bukan berarti kita harus menghindari bahan pangan yang mengandung kalsium. Justru, orang yang mengonsumsi lebih banyak kalsium lebih jarang menderita batu ginjal.

Jika pola makan kita kurang kalsium, zat kimia yang disebut oksalat, yang normalnya mengikat kalsium di saluran cerna malah mengikat kalsium di urine dan memicu terbentuknya batu.

  • Kebanyakan sayur

Merasa sudah makan secara sehat tetapi justru terkena batu ginjal? Apa yang salah? Tentu saja karena oksalat yang banyak ditemukan di sayuran berdaun hijau. Idealnya, oksalat akan berikatan dengan kalsium di usus dan dikeluarkan tubuh lewat saluran kemih.

Namun, jika jumlah oksalat terlalu tinggi, konsentrasi zat kimia ini lebih banyak di urine dan memicu terbentuknya batu.

  • Makanan asin

Jika kita terlalu sering mengonsumsi makanan mengandung sodium, risiko terbentuknya batu ginjal juga akan meningkat.

  • Kurang buah jeruk

Buah-buahan keluarga jeruk mengandung zat yang disebut sitrat, yang diketahui bisa menurunkan risiko batu ginjal.

  • Terlalu banyak daging

Sebuah penelitian tahun 2014 yang dimuat dalam jurnal Nutritional Epidemiology menemukan bahwa vegetarian dan orang yang sering makan ikan lebih jarang terkena batu ginjal dibandingkan dengan orang yang makan daging. Konsumsi daging merah atau daging unggas 100 gram setiap hari diketahui bisa memicu batu ginjal.

  • Sering minum es teh

Teh merupakan salah satu sumber oksalat yang bisa memicu terbentuknya batu ginjal. Baru-baru ini juga diberitakan seorang pria yang kebanyakan minum es teh menderita batu ginjal. Minuman lain yang perlu dibatasi adalah soda.

Demikian tadi beberapa faktor pola makan yang dapat menjadikan seseorang beresiko terkena batu ginjal. Semoga kita bias menjaga kesehatan diri dan keluarga dengan melakukan pola makan yang baik dan sehat. Terima kasih.

Category: Lifestyle, Tips kesehatan

Leave a Reply

You might also likeclose
%d bloggers like this: