Suplemen Vitamin E : Antara baik dan buruknya.

| March 3, 2012 | 2 Comments

Telah diketahui secara umum bahwa vitamin sangat bermanfaat bagi tubuh, utamanya dalam hal menjaga kesehatan kulit ( Oleh kaum hawa sangat diidamkan kulit yang sehat). Juga sebagai zat yang berperan penting dalam menangkal radikal bebas, disamping juga sangat berperan sekali dalam metabolisme tutuh.  Walaupun demikian dari beberapa penelitian ternyata vitamin E  ini juga membawa dampak yang kurang baik bagi kesehatan kita .

Artike dibawah ini mungkin patut kita pertimbangkan dalam mengkomsumsi vitamin ini.

Jakarta, Detik.Com. Sejak dulu vitamin E dikenal sebagai antioksidan yang bisa melawan penyakit , radikal bebas serta membantu reproduksi normal manusia. Tapi sebaiknya jangan sembarangan minum suplemen vitamin E karena bisa meningkatkan risiko stroke.

Peneliti di Harvard Medical School, Boston, dan INSERM di Paris menemukan bahwa suplemen vitamin E dapat meningkatkan risiko beberapa jenis stroke.

Haemorrhagic stroke (stroke pendarahan) adalah tipe stroke paling jarang dan terjadi bila pembuluh yang memasok darah ke otak pecah sehingga menyebabkan kerusakan otak. Peneliti menemukan bahwa vitamin E meningkatkan risiko stroke ini sebesar 22 persen.

Tapi penelitian ini juga menemukan bahwa vitamin E ternyata bisa mengurangi risiko stroke iskemik, yaitu tipe paling umum dari stroke, sebesar 10 persen.

“Namun, suplemen vitamin E hanya sedikit mengurangi risiko stroke iskemik dan hasil umumnya justru lebih besar meningkatkan risiko haemorrhagic stroke. Jadi kami menyarankan untuk berhati-hati dan tidak sembarangan minum vitamin E,” terang Dr Peter Coleman, wakil direktur riset The Stroke Association, dilansir BBCNews, Sabtu (6/11/2010).

Dr Coleman memperingatkan bahwa orang sebaiknya tetap menjaga gaya hidup sehat dan menjaga tekanan darah serta kolesterol. Hal tersebut memiliki efek jauh lebih besar dalam memotong risiko stroke iskemik daripada harus minum suplemen vitamin E.

“Ini merupakan studi yang sangat menarik, yang menunjukkan bahwa risiko haemorrhagic stroke bisa sedikit meningkat oleh tingginya tingkat suplemen vitamin E yang diminum,” jelas Dr Coleman.

Dr Coleman juga mengatakan bahwa penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menemukan mekanisme aksi serta batas aman mengonsumsi vitamin E.

“Kami mendesak orang untuk mempertahankan gaya hidup dengan pola makan seimbang, olahraga teratur dan pengawasan tekanan darah mereka untuk mengurangi risiko stroke. Tetapi akan sangat menarik melihat penelitian lebih lanjut dalam studi ini. Tentunya orang juga tidak boleh sembarangan minum suplemen vitamin E,” tutupnya.

Category: Tips kesehatan

Comments (2)

Trackback URL | Comments RSS Feed

  1. reviana says:

    Butuh lebih banyak info akurat seperti ini.

    • baitul herbal says:

      Ass..Mbak Revina. Terima kasih telah mengunjungi blog kami. Jikalau ingin info tentang kesehatan dan obat-obat herbal simak terus web kami Baitulherbal.com, ditempat kami juga menyediakan obat-obat herbal. Apabila sdri. membutuhkan bisa pesan kepada kami.Adapun cara pemesanannya adalah sbb :

      untuk proses pemesanan barang dapat kami layani melaui email : kupukupu03@gmail.com

      Atau via SMS ke No Hp. 085712295169 dengan Format : Nama Bapak/Ibu # Alamat Lengkap Pengiriman Barang # Nama Barang # Jumlah

      Dan Tim kami akan segera menghitung jumlah yang harus di bayar, dan akan kami sampaikan secepatnya kepada Bapak/Ibu/Saudara/i.

      Transfer dana dapat di alamatkan ke :

      1. Bank BRI unit Jaten Karanganyar Atas Nama : Suparno dengan No. Rek : 6714-01-012139-53-9 atau,

      2. Bank Mandiri Cab. Karanganyar atas nama : Suparno dengan No. Rek. : 138-00-1007017-0

      Insya Allah Barang akan segera kami kirim ke alamat Bapak/Ibu/Saudara/i, setelah kami mendapat konfirmasi/pemberitahuan transfer dana dari Bapak/Saudara lewat SMS ataupun Email .

      Untuk mempercepat barang sampai kehadapan Bapak/Ibu/Saudara/i, kami menggunakan jasa Paket kilat Khusus dari PT Pos Indonesia ( Maks. 4 hari serah).
      Lebih cepat komunikasi levat via sms. Terima kasih

Leave a Reply

%d bloggers like this: