TIPS MAKAN SELAMA DIET

| July 31, 2012 | 0 Comments

Tips makan selama diet agar tidak terus kegemukan

  1. Nikmati makanan anda dan mkanlah pelan-pelan.
  2. Minum sedikitnya 8 gelas air setiap hari. Jangan makan malam jika anda kurang minum disiang dan sore hari.
  3. Pilih satu tempat didalam rumah khusus untuk makan. Jangan pindah-pindah sampai makanan habis. Makanlah sambil duduk jangan makan ditempat lain.
  4. Variasikanlah jumlah kalori makanan anda setiap hari, supaya tubuh anda tidak terbiasa dengan jumlah kalori tertentu. Bila anda terbiasa dengan makanan rendah kalori, tubuh anda akan mengira bahwa memang sejumlah itulah kebutuhannya. Dengan begitu, kalau anda berdiet, berat badan anda tidak bisa turun.
  5. Sediakan makanan dan minuman seperti buah-buahan, sayuran dan sari buah murni dalam lemari es, bukannnya makanan tinggi kalori seperti kue, es krim dan sirup. makanlah hanya ketika lapar.
  6. Bila perlu buatlah cacatan harian tentang pola makanan dan perasaan anda. Catatlah segala yang anda ingin makan sebelum memakannya. Tulislah sebagaimana perasaan anda dalam perkembangan menuju kebiasaan makan sehat itu. Dan tuliskan pula bagaimana perasaan anda bila terbuat curang kepada diri sendiri, misalnya tidak bisa menahan diri makan permen dan es krim.
  7. Sup dan sayur berkuah bening adalah makanan diet yang baik. Selain menyenangkan, rasanya segar dan sehat.
  8. Bila memutuskan makan direstoran, tentukan apa yang ingin anda makan. Ketika disana jangan menguibah keputusan itu.
  9. Susunlah jadwal kapan anda boleh makan dan ngemil.
  10. bacalah label kemasan makanan. Makanan dengan persentase lemak atau karbohidrat ( berarti gula ) yang tinggi akan mengganggu penurunan berat badan anda. Jangan cuma menghitung berapa gramnya, tetapi juga komposisinya. Semakin tinggi persentase kandungan lemak dan karbohidrat dibandingkan dengan kalori keseluruhan semakin menggemukkan.
  11. Letakkan makanan hanya didapur dan ruang makan, bukan ditempat lain.
  12. Jangan b uat diri anda kelaparan dulu sebelum makan direstoran atau kepesta. Makan sayur dan buah yang banyak atau minum air putih sampai cukup kenyang supaya ketika makan direstoran atau dipesta tidak berlebihan. Ingat makanan dipesta atau direstoran cenderung tinggi kalorinya.
  13. Makanlah secara teratur. Jangan melewatkan satu waktu makan. Bila tidak mendapatkan pasokan makan pada waktunya tubuh anda akan mengerahkan mekanisme pertahanan diri yaitu dengan menurunkan kecepatan metabolisme. Akibatnya tubuh cenderung menyimpan lemak.
  14. Jangan mengira karena anda makan makanan rendah lemak, anda boleh makan apa saja. Apapun jenis makanannya, semakin banyak dimakan semakin tinggi pula kalorinya dan tetap harus dibakar.
  15. Singkirkan makanan sisa.
  16. Buang semua lemak pada daging, buang kulit ayam, jangan makan jerohan.
  17. Jangan meletakkan makanan secara menantang diatas meja, simpan saja dalam lemari.
  18. Sebelum berangkat belanja, siapkan daftar kebutuhan. Dan jangan pernah pergi belanja dalam keadaan lapar karena anda cenderung jajan.
  19. Lakukan plah raga ringan ( yang baik adalah jalan kaki ) seminggu 3 x, masing-masing 30 menit, lalu tambah jamnya secara bertahap.
  20. Jangan hanya mengukur berat badan, tapi juga ukuran badan, misalnya lingkar perut, lingkar paha, dan lingkar lengan. Setelah olah raga ringan teratur, ukuran badan anda akan turun  meskipun berat badan tidak turun. Latihan teratur membentuk oto ( daging ) dan otot lebih berat dari pada lemak.

Sumber : Buku Penyembuahan Alamiah

Category: Tips kesehatan

Leave a Reply

%d bloggers like this: