Tips melancarakan siklus haid / menstruasi

| September 17, 2016 | 0 Comments

nyeri haidMenstruasi Atau Haid selalu dialami setiap wanita setiap bulannya dengan siklus yang hampir sama dan dapat dihitungakan kehadirannya. Siklus menstruasi normal biasanya terjadi setiap 21-35 hari sekali dan lama harinya 3-7 hari. Menstruasi akan selalu dialami oleh wanita pada mas produktif yaitu usia 8-12 tahun dan akan berhenti pada usia 40-50 tahun yang disebut masa menopause.

Namun pada sebagian wanita siklus menstruasinya terkadang tidak noramal dan bahkan sering terlambat. Hal ini bisa terjadi karena ada beberapa faktor penyebabnya salhsatunya adalah Stress dan aktifitas berlebihan. Nah… Untuk dapat mengembalikan siklus menstruasi menjadi lancar dan normal lagi dapat anda lakukan beberapa hal berikut ini.

Hindari stress dan aktifitas berlebihan

Stress sudah dapat dipastikan selalu menyerang setiap orang baik stress karena terlalu banyak pekerjaan ataupun yang lainnya. Tingkat stress yang tinggi mampu menghambat siklus menstruasi karena kinerja otak yang berlebihan. Selain stress, aktifitas yang berlebihan sehingga membuat tubuh terlalu kelelahan juga turut mempengaruhi siklus menstruasi. Ada baiknya anda menghindari stress dan tidak terlalu memforsir kegiatan sehingga siklus menstruasi anda setiap bulan dapat berjalan dengan normal. Refreshing dapat menjadi salah satu alternative mengobati stress sebagai cara mengatasi terlambat datang bulan yang anda alami.

Banyak mengkonsumsi buah terutama papaya dan jeruk nipis

Mengkonsumsi buah yang kaya serat merupakan salah satu cara mengatasi terlambat datang bulan secara alami. Kandungan serat yang tinggi membantu melancarkan peluruhan pada dinding rahim sehingga mampu mempercepat siklus menstruasi. Salah satu buah yang sangat baik dikonsumsi untuk mengatasi terlambat datang bulan adalah buah papaya. Dengan mengkonsumsi buah papaya secara teratur kurang lebih 250 gram setiap pagi dan setelah makan mampu melancarkan siklus menstruasi seorang wanita. buah yang tak kalah bermanfaat dikonsumsi untuk melancarkan haid adalah jeruk nipis, kandungan dalam jeruk nipis seperti vitamin, fosfor, mineral, kalsium, kalori, asam askorbat, lemak, protein, zat besi dll sangat membantu untuk melancarkan siklus menstruasi.

Sering mengkonsumsi jamu kunyit asam

Ramuan yang terbuat dari kunyit dan asam jawa ini sudah terbukti terpercaya untuk membantu mengatasi terlambat datang bulan. Anda dapat membuat sendiri ramuan ini ataupun membeli racikan yang sudah jadi yang sudah tersedia di toko-toko jamu ataupun di apotek sebagai salah satu cara mengatasi terlambat datang bulan. Dengan mengkonsumsi ramuan kunyit asam sebelum menstruasi sampai dengan selesai menstruasi mampu memperlancar dan mengatasi masalah terlambat datang bulan anda dan mampu memberikan manfaat lainnya seperti melangsingkan tubuh secara alami dan membantu menjaga kesehatan kulit.

Olahraga dan istirahat yang cukup

Salah satu pola hidup yang sehat adalah dengan menjaga rutinitas olahraga yang baik. Selain memberikan kebugaran bagi tubuh, olahraga secara teratur mampu menjadi cara mengatasi terlambat datang bulan yang ampuh dan aman. Selain berolahraga, porsi istirahat dan tidur yang seimbang juga mampu mengatasi terlambat datang bulan yang anda alami.

Itulah beberapa pengobatan alami yang dapat anda lakukan sebagai cara mengatasi terlambat datang bulan mudah dan aman. Apabila anda sudah melakukan berbagai cara alami tersebut akan tetapi tidak ada perubahan maka alangkah lebih baik jika anda membawanya ke rumah sakit untuk di diagnosis mungkin ada penyakit yang bersarang di dalam organ reproduksi anda. dengan berkonsultasi dengan dokter terhadap masalah yang anda alami maka akan membantu anda untuk menjaga organ reporoduksi anda dengan baik.

Category: Tips kesehatan

Leave a Reply

You might also likeclose
%d bloggers like this: