Tips merawat dan menjaga kesehatan rambut dengan minyak zaitun

| July 24, 2017 | 0 Comments

Ramuan Obat Tradisional untuk Mengatasi Rambut Rontok

Rambut adalah mahkota bagi wanita dan pria. Keindahan rambut akan semakin membuat pemiliknya terlihat lebih cantik menawan. Namun tidak semua orang memiliki rambut yang indah dan sehat. Kesehatan rambut sangatlah tergantung pada perawatan yang dilakukan. Rambut yang tidak dirawat akan terlihat sangat jauh dari kata indah, untuk itu rawatlah rambutmu denga perawtan yang baik dan dengan bahan yang alami. Salah satu bahan alami yang sangat bagus untuk perawatan rambut adalah Minyak Zaitun.

Minyak zaitun merupakan salah satu ramuan yang paling sering digunakan sebagai produk perawatan rambut. Minyak yang kaya akan asam lemak, beta karoten,vitamin E, dan antioksidan ini diyakini mampu meredakan kulit kepala yang berkerak atau mengelupas, melembapkan kulit kepala, dan menstimulasi pertumbuhan rambut yang optimal.

Selain itu, minyak zaitun juga bisa mempertahankan kelembapan rambut, menambah kelembutan rambut, dan menguatkan rambut dengan cara menembus batang rambut. Minyak zaitun jugalah yang dapat menghaluskan atau meratakan kutikula atau lapisan luar rambut hingga membuat rambut terlihat berkilau. Masih kurang? Simak berbagai manfaat minyak zaitun untuk rambut berikut ini.

  • Rambut bercabang.

Minyak zaitun dipercaya dapat membantu mengatasi ujung rambut yang bercabang. Caranya, cukup oleskan ujung rambut yang rusak (sekitar 5 cm) dengan minyak zaitun.

  • Rambut kering.

Minyak zaitun sangat bermanfaat untuk mengatasi rambut kering yang kaku dan susah diatur. Caranya, oleskan minyak zaitun secara merata ke kulit kepala dan tiap helai rambut. Pijat rambut dan kulit kepala selama beberapa menit. Kemudian, bungkus rambut dengan shower cap selama 15 menit atau lebih agar minyak zaitun meresap ke dalam rambut. Setelah itu, bilas rambut dengan sampo hingga benar-benar bersih dan tidak lengket. Lakukan hal ini seminggu sekali, namun jika rambut kamu sangat kering lakukan lebih sering.

  • Rambut yang sering diutak-atik.

Minyak zaitun bagus digunakan untuk rambut yang suka di-bleach, dikeriting, diluruskan, dicatok, diwarnai, dan sebagainya. Untuk mengoleskan minyak zaitun, tunggu setidaknya 72 jam setelah rambut di-“tata”. Jika ingin menggunakan minyak zaitun pada rambut yang di-bleach, oleskan dulu minyak zaitun pada satu helai rambut. Gunanya untuk melihat apakah minyak zaitun meninggalkan bekas warna hijau atau tidak.

  • Ketombe.

Minyak zaitun dipercaya bisa mengurangi serpihan ketombe, namun tidak menyembuhkannya. Jika ingin merasakan manfaat minyak zaitun untuk rambut berketombe, oleskan minyak zaitun ke kulit kepala. Setelah itu pijat-pijat kulit kepala dan bersihkan ketombe dengan sisir. Pengobatan ketombe perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Meskipun dapat membantu meredakan ketombe minyak zaitun saat ini belum terbukti efektif sebagai obat pembasmi ketombe. Pengobatan utama ketombe menggunakan sampo yang mengandung asam salisilat, selenium sulfide, dan zinc pyrithione. Jika disebabkan oleh infeksi jamur maka ketombe juga perlu diobati dengan antijamur ketoconazole.

  • Cradle cap, ketombe pada bayi.

Pada bayi berusia 0-2 bulan, terkadang suka muncul kulit yang bersisik, berwarna kuning, dan berminyak di kepalanya. Inilah yang disebut sebagai cradle cap. Cradle cap biasanya bisa hilang dalam beberapa minggu atau bulan. Penumpukannya pun bisa dicegah dengan cara mencuci rambut dan kulit kepala Si Kecil menggunakan sampo bayi. Kerak cradle cap juga bisa dihilangkan dengan memijatkan minyak zaitun ke kulit kepala Si Kecil setiap malam. Kerak yang keras dapat dihaluskan dengan baby oil sebelum dipijat. Perlu diingat, memijat kepala bayi harus secara pelan dan lembut karena tulang tengkorak pada kepala bayi masih lunak dan tidak seperti orang dewasa. Apabila kerak disertai ruam kemerahan yang menyebar ke bagian tubuh lain, terdapat luka, atau bayi sering rewel karena gatal, segera bawa Buah hati Anda ke dokter terdekat.

  • Masker rambut.

Selain dibuat menjadi pelembap rambut, minyak zaitun juga bisa dijadikan masker rambut. Berikut bahan dan cara membuatnya:

Bahan-bahan:

  • Minyak zaitun
  • Minyak kelapa

Cara membuat:

  • Campur 1 sendok makan minyak zaitun dan 2 sendok makan minyak kelapa.
  • Usapkan campuran kedua minyak ini ke rambut secara merata, terutama pada ujung rambut yang cenderung kering dan bercabang.
  • Bungkus rambut dengan shower cap dan diamkan semalaman.
  • Bilas rambut dengan sampo dan air hangat hingga benar-benar bersih.

Kata orang, rambut adalah mahkota wanita (dan pria). Agar rambut selalu indah dan berkilau, yuk, jaga kesehatan rambut. Salah satunya dengan memanfaatkan minyak zaitun untuk rambut. Tapi ingat, jika telah mencoba cara diatas untuk menjaga kesehatan rambut tetapi rambut masih bermasalah segera konsultasikan ke dokter spesialis kulit agar masalah pada rambut teratasi.

Untuk perawatan rambut dengan minyak zaitun, gunakanlah minyak zaitu yang extra virgin dari Herbal Indo Utama. Selain untuk rambut, minyak zaitun extra virgin HIU juga bisa untuk pengobatan penyakit dengan cara diminum secara langsung. Jangan khawatir karena minyak zaitun yang extra vrgin memang dibuat secara khusus penyulingan pertama dan tanpa campuran apapun agar bisa langsung dimium.

Info detail produk :

Nama Produk : Minyak Zaitun Extra Virgin Curah HIU

Isi : 60ml

Produsen : Herbal Indo Utama

Sertifikat : BPOM TR143681491

Komosisi : Extra Virgin Olive Oil 100%

Harga : P.Jawa Rp 28.000,- L.Jawa Rp 32.000,-

 

Cara Pesan :

Call / SMS / WA di HP : 085712295169 / PIN BB : DB7F1138

Ketik : Pesan # Minyak Zaitun Extra Virgin Curah HIU # Jumlah # Nama # Alamat Lengkap

Category: Tips kesehatan

Leave a Reply

%d bloggers like this: